Minggu, 06 September 2020

Rangkuman Materi Teater -Seni Budaya Kelas 12 Sem 1 (My Journey)

A. Makna Simbol Dalam Teater

>> Simbol adalah sarana untuk menghantarkan makna pesan penggarap. Adapun pesan adalah nilai-nilai yang dikomunikasikan kepada publik atau penonton untuk mendapat tanggapan dan apresiasi. 


B. Jenis Simbol dalam Teater

Jenis simbol dalam teater pada dasarnya hanya ada tiga, yaitu simbol visual, verbal, dan auditif. 
  • Simbol visual adalah simbol yang nampak dalam penglihatan penonton, meliputi seluruh wujud bentuk dan warna termasuk tubuh para pemain. 
  • Simbol verbal adalah simbol yang diunkapkan dengan kata-kata, baik oleh para pemain, narator, maupun dalang. 
  • Simbol auditif adalah simbol yang berbunyi atau simbol yang ditimbulkan oleh bunyiSetiap bunyi selalu punya arti dan setiap nada senantiasa punya makna dalam pertunjukan teater. 

C. Fungsi Simbol dalam Komunikasi

>> Simbol-simbol yang digunakan dalam pertunjukan teater berfungsi untuk memperkuat komunikasi ide-ide yang akan disampaikan kepada penonton. Kualitas komunikasi ditentukan oleh proses pencarian atau eksplorasi, proses latihan, dan penjiwaan.
  • Simbol visual --> Menegaskan maksud ucapan.
  • Simbol verbal -->  Menyampaikan gagasan, keinginan, hasrat, maksud melalui ucapan seseorang yang disampaikan kepada kita.
D. Ragam Teknik Ungkapan Simbolik

  • Teknik pengungkapan gagasan dalam teater sangat beragam. Media ungkap yang digunakan biasanya tidak hanya satu media melainkan multimedia.
  • Media tersebut berupa bahasa ungkap sebagai sarana komunikasi yang meliputi audio dan visual.
  • Bahasa atau kata-kata yang diucapkan para pemain dan musik termasuk kategori audio, sedangkan bahasa tubuh, bahasa warna, dan bentuk termasuk kategori visual

E. Ungkapan Simbolik dalam Kreasi Naskah Drama 

Seorang pengarang akan menuangkan ide-ide ceritanya melalui kata- kata yang terhimpun dalam sebuah teks naskah drama. Teks naskah drama yang memuat kata-kata itu adalah simbol-simbol verbal sebagai sarana untuk mengomunikasikan gagasan cerita. 

F. Ungkapan Simbolik dalam Penampilan Teater

Penampilan teater pada dasarnya merupakan proses pemanggungan sebuah lakon. Naskah drama yang berupa teks berisi kata-kata karya seorang pengarang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa pentas oleh para seniman penggarap maka itulah pertunjukan teater.  Istilah lain untuk proses
penterjemahan bahasa ungkap yang dipanggungkan adalah transformasi. Bahasa kata-kata dalam teks naskah yang awalnya hanya simbol-simbol verbal, kemudian diperkaya dengan simbol-simbol audio dan visual.