Jumat, 06 September 2019

Prospek Kerja Jurusan Sejarah I My Journey

    Prospek Kerja Jurusan Sejarah l  My Journey

  Hallo sahabat My.J , gimana nih harinya ? Lagi bosenkah atau lagi bingung , hehe. Nah sekarang My.J lagi pengen bahas tentang prospek kerja jurusan sejarah atau yang masih berhubungan dengan sejarah deh pokoknya . Sudah bertahun -tahun kita belajar tapi masih belum sadar dengan yang kita  pelajari sekarang ini . Soal kenapa kita harus belajar ilmu-ilmu ini , makanya My.J punya rencana untuk kupas tuntas tentang prospek kerja dari setiap jurusan- jurusan dan My.J pilih sejarah untuk kita bahas pertama kali. Pokoknya My.J bakal kasih gambaran tentang ilmunya , syarat pekerjaannya  , dan yang paling penting adalah perkiraan rata-rata gaji :))
    Oke jadi apa saja sih prospek kerja jurusan sejarah ?  kita bakal bahas dari hal yang umum dan paling banyak diminati versi My Journey , oke...

1. Guru.

    


     Yang pertama pastinya guru ya sahabat My.J  . Guru yang selalu dihormati dan disebut-sebut sebagai profesi tanda tanpa jasa . Seperti yang kita tahu kalau sudah sendari kecil kalau ditanya mau jadi apa , ya jawabannya itu kalau engga dokter , pilot , tentara , ya guru . Bahkan menurut info yang My.J dapat kalau jumlah guru mengalami peningkatan sebanyak 382% ,bayangkan saja 382% bukan lagi 80% ataupun 100%,  peningkatan ini dihitung dari tahun 1999/2000 yang  menjadi sebanyak 3 juta orang lebih, namun  sayangnya menurut UNESCO dalam Global Education Monitoring (GEM) Report 2016, pendidikan di Indonesia menempati peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang dan kualitas guru menempati ukuran ke-14 dari 14 negara berkembang di dunia. Tentu hal ini sangat kita sayangkan ya sahabat My.J .
     Ngomong-ngomong soal guru, apakah sahabat My.J ingat soal bom Nagasaki dan Hiroshima yang menewaskan jutaan orang ? Saat itu guru My.J bilang bahwa orang yang pertama kali dicari untuk diselamatkan adalah guru . Dari tragedi ini  kita bisa lihat , betapa orang-orang benar-benar menghormati profesi yang satu ini  . Katannya saat melihat guru kita dapat melihat masa depan yang dijanjikan kepada bangsa ini . Yaa rasanya memang benar adanya . Oleh karena itu jadi seorang guru itu bukan hal yang mudah ya sahabat My.J . Diperlukan dedikasi yang tinggi terhadap negara , hal yang sangat diperlukan untuk mencetak generasi-generasi yang berkualitas . Berikut ini sahabat My.J bakal memberikan informasi mengenai syarat menjadi guru .

Syarat menjadi guru : 
  •  Minimal berijazah Sarjana (S1) atau diploma 4 (D4).
  • Memiliki kesehatan jasmani dan rohani.
  • Wajib memiliki kualifikasi akademik.
  • ! Untuk lebih lengkapnya sahabat My.J bisa mencari  tahu di UU Nomor 14 Tahun 2005.
 Rata-rata Gaji Guru 
    Untuk gaji seorang guru sendiri bervariasi ya sahabat My.J tergantung dari sekolahnya , apalagi kalau sekolah swasta dan baru diterima menjadi guru .
      
     Rata -rata gaji seorang guru profesional sekitar 2,1 juta hingga Rp 3,32 juta. 
    

2. PENULIS BUKU SEJARAH

  


     Profesi ini paling cocok untuk sahabat My.J yang suka menulis dan juga ilmu sejarah. Ettt ... jangan pandang remeh pekerjaan yang satu ini ya sahabat My.J . Menjadi seorang penulis buku sejarah membutuhkan daya pikir kritis dan juga sebuah riset yang mendalam mengenai tulisannya , menurut My.J pribadi profesi ini benar - benar keren . Sahabat My.J bisa menulis di mana saja , dan juga kapan saja kecuali jika sahabat My.J punya tim khusus  .
     Masa depan penulis buku mencerminkan masa depan peradaban Indonesia . Tanpa adanya penulis buku maka ilmu pengetahuan tidak akan memiliki perkembangan yang baik. Saat ini di Indonesia terdapat organisasi penulis yang sudah berdiri, di antaranya Perkumpulan Penulis Profesional Indonesia (Penpro) yang didirikan pada Desember 2016 dan satu lagi yang baru dibentuk tahun 2017 adalah Persatuan Penulis Indonesia (Satupena). Eksistensi penulis buku juga sudah diakui oleh pemerintah hal ini dibuktikan dengan adanya UU Nomor 3/ 2017.

Syarat menjadi penulis buku
    Bagi sahabat My.J yang memang ingin menjadi penulis buku, syaratnya ga neko-neko sahabat My.J cuman harus menguasai beberapa hal ini  :
  • Fokus pada spesialisasi ilmu yang dimiliki.
  • Punya ketertarikan dalam menulis.
  • Suka meneliti sesuatu.
  • Dan intinya punya kemauan .
Penghasilan Penulis Buku
       Penghasilan penulis buku tergantung kepada seberapa laris buku yang sahabat My.J tulis dengan royalti yang di dapatkan yaitu hanya 10 % dari harga bruto , atau 15 % dipatok dari harga bersihnya.  Royalti ini bisa sahabat My.J dapatkan secara berkala , namun umumnya setiap enam bulan sekali . Selain dari royalti , terdapat cara lain yang dapat digunakan yaitu dengan sistem jual putus .  Cara ini bisa dilakukan bagi penulis yang mempunyai kebutuhan mendesak . Umumnya harga yang dipatok dalam sistem jual putus ini berkisar 1,5 - 15 jt bisa juga lebih tergantung ketebalan buku, proyeksi pasar, dan kredibilitas penulis. Perlu sahabat My.J ketahui jika sistem jual putus ini mempunyai kelemahan yaitu jika buku laku keras dipasaran maka penulis tidak berhak mendapat sepeserpun dari hasil penjualan.


3. PENULIS SKENARIO FILEM SEJARAH. 



      Apa disini sahabat My.J ada yang suka filem sejarah ?  Kalau iya , mungkin profesi ini bisa menjadi salah satu pilihan sahabat My. J , dimana sahabat My.J bisa menggabungkan antara sejarah dan juga seni... Bukannya keren ? 
     Penulis skenario ini biasa disebut juga screenwriter ya , mereka adalah orang yang bertugas menulis cerita , dialog , latar , menulis deskripsi visual , dan menciptakan karakter tokoh dalam sebuah filem . Menjadi seorang penulis skenario filem sejarah membutuhkan daya imajinasi yang baik . Sahabat My.J harus bisa membayangkan kejadian - kejadian yang terjadi di masa lampau , seolah-oleh sahabat My.J melewati lorong-lorong waktu dan bisa melihat , mendengar , dan merasakan setiap kejadian yang terjadi ,lalu menuliskannya ke dalam sebuah naskah yang sistematis. Selain daya imajinasi , ada hal lain yang harus dimiliki penulis filem yaitu ketekunan yang tinggi karena jam kerja yang lumayan lama.

Syarat penulis skenario
     Untuk menjadi penulis skenario filem tidak ada syarat khusus , sahabat My.J hanya harus memulai menulis dan  membuat naskah karena PH ( Producetion House ) hanya menerima naskah yang sudah jadi bukan dalam bentuk ide terlebih dahulu .
  
 Gaji seorang penulis skenario filem
  •  Gaji seorang script writer untuk proyek film layar lebar adalah antara Rp 20 juta, hingga Rp 200 juta! 
  • Sementara untuk proyek FTV dan sinetron, harganya beda lagi, yaitu antara Rp 1 juta sampai Rp 15 juta.

4. PEMANDU WISATA .
  
   

      Menjadi pemandu wisata sejarah pasti menjadi pekerjaan yang diinginkan bagi beberapa orang . Dan lagi sahabat My.J yang masih bingung dalam menentukan cita-cita mungkin pekerjaan ini cocok bagi sahabat My.J  .Oh iya , sebutan lain bagi pemandu wisata ini adalah Pramuwisata atau Tour Guide .
      Orang-orang selalu bilang kalau Indonesia ini adalah negara yang kaya dan memang benar adanya , banyak sekali destinasi pariwisata di Indonesia ini . Dengan sejuta pesonanya dan semua peninggalannya Indonesia mampu menarik para wisatawan asing maupun domestik. .Dengan fakta seharusnya kita tidak akan kesulitan lagi kan dalam mencari lowongan menjadi pemandu wisata sejarah .

Syarat pemandu wisata

    Untuk menjadi pemandu wisata , ada beberapa syarat yang memang harus terpenuhi . Bagi sahabat My.J yang memang tertarik dengan profesi ini berikut sudah My.J carikan informasi mengenai syarat - syaratnya:
  • Pertama , untuk menjadi pemandu wisata sahabat My.J harus memiliki lisensi . Lisensi ini hanya bisa di dapatkan dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI).
  • Kedua , Untuk mendapatkan lisensi sahabat My.J harus mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) selama 120 jam.
  • Ketiga , seperti yang My.J bilang barusan bahwa Indonesia mampu menarik para wisatawan asing maupun domestik , yang artinya untuk menjadi pemandu wisata sahabat My.J harus menguasai bahasa Asing khususnya bahasa Inggris.
  • Keempat , syarat yang tidak kalah penting adalah seorang pemandu wisata harus memiliki Pengetahuan (Knowledge), Kemampuan (Skill) dan Sikap (Attitude).
  
Gaji pemandu wisata
  • Gaji standar pemandu wisata di Bandung adalah Rp 350 ribu perhari atau sekitar Rp. 10,5 jt /bulan . 
  •  Lain halnya bagi pemandu wisata yang mahir berbahasa Asing terutama Mandarin, Belanda, dan Jerman dengan gaji Rp. 500 ribu per hari atau sekitar 15 jt/ bulan .
Bagi sahabat My.J yang ingin memperdalam pekerjaan ini sahabat My.J bisa memilih jurusan Sarjana Pariwisata (S.Par.)

5. Arkeolog

  


   Pasti ada dari sahabat My.J yang tidak asing lagi dengan kata ini , arkeolog ataupun arkeologi .  Arkeologi itu adalah ilmu yang dipelajarinya  sedangkan arkeolog ini adalah sebutan untuk orang yang mempelajari kebudayaan manusia di masa lampau melalui peninggalan fisiknya . Peninggalan fisiknya disini , merujuk kepada tulang belulang atau fosil , dokumen kuno, bangunan kuno, ataupun artefak . Kalau di acara tv My.J perhatikan , seorang arkeolog ini bukan hanya bekerja di dalam ruangan saja dengan kata lain beberapa diantara mereka juga pergi ke alam bebas mencari sumber - sumber sejarah dan juga menelitinya . Seperti penemuan mumi firaun oleh seorang arkeolog Inggris bernama Howard Carter dan para pekerjanya di dekat Luxor, Mesir  . Selain itu penemuan tulang hewan zaman purba juga pernah ditemukan arkeolog asal Turki di sebuah Gua yang bernama Gua Karain , tulang belulang ini mereka perkirakan berusia 350.000 tahun.
    
Syarat menjadi Arkeolog .
  • Pertama adalah seorang Arkeolog harus bisa berkomunikasi dengan baik secara tulisan maupun lisan.
  • Kedua , harus mampu memahami tulisan karena ini akan sangat membantu dalam proses penelitian.
  • Ketiga, kemampuan lainnya seperti berpikir kritis , tekun, dan terus belajar untuk menemukan penemuan-penemuan baru.
  • Terakhir , untuk menjadi seorang Arkeolog tentu sahabat My.J harus menguasai ilmu-ilmu di dalamnya , untuk memenuhi syarat yang terakhir ini sahabat My.J dapat mengambil jurusan Arkeolog dengan gelar Sarjana Humaniora (S.Hum).
Gaji seorang Arkeolog .
  •  Dari informasi yang My.J dapatkan gaji seorang Arkeolog berkisar antara Rp364 juta - Rp 611 juta.
  • ketentuannya adalah gaji rata-rata lulusan baru:  US$ 28.000 (Rp 364 juta)
  • Gaji rata-rata lulusan berpengalaman: US$ 47.000 (Rp 611 juta)
    Maaf sekali My.J tidak dapat menyebutkan secara pasti gaji tersebut , Jujur saja My.J masih bingung  cara pemberian sistem upah tersebut . Apa  gaji tersebut diberikan berdasarkan penemuan - penemuan yang didapat , penelitian yang berhasil dilakukan , atau  diberikan setiap bulan , ataukah pertahun. Hal ini karena My.J tidak mendapat informasi yang secara pasti menerangkan soal gaji tersebut.    
    Tapi... perkiraan My.J adalah nominal gaji tersebut adalah nominal gaji arkeolog di luar negeri dengan sistem upah perbulan . Kalau di Indonesia, hal ini mungkin saja terjadi tapi merupakan rata-rata pendapat Arkeolog pertahun bukan perbulan.

6.  Pegawai Museum.

     


        Nah setelah panjang lebar membahas peluang pekerjaan jurusan sejarah , akhirnya kita masuk ke poin yang terakhir yaitu pegawai museum . Pasti diantara kita ada yang menyukai koleksi-koleksi benda bersejarah , kalau iya My.J rasa profesi yang satu ini bakal cocok bagi sahabat My.J . Pegawai museum ini punya banyak jenisnya ya sahabat My.J seperti ahli arsip, manajer koleksi, ahli konservasi, kurator, kepala edukasi, kepala peragaan , register dan tentunya direktur.
      Sebenarnya museum sejarah ini punya 10 penggolongan dan My.J hanya akan membahas salah satunya yaitu museum sejarah. Perlu sahabat My.J tahu bahwa museum sejarah ini adalah museum yang  mencakup pengetahuan sejarah dan kaitannya dengan masa kini dan masa depan. Beberapa di antara museum, memiliki benda koleksi yang sangat beragam, mulai dari dokumen, artefak dalam berbagai bentuk, benda sejarah yang terkait dengan even kesejarahan. 
     Setelah My.J cari-cari tentang jumlah museum di Indonesia  akhirnyaa My.J mendapatkan juga infonya . Jadi , diperkirakan di Indonesia terdapat 85 Museum . Dan kalau sahabat My.J yang ingin memperdalam pemetahuan tentang museum ini bisa menempuh pendidikan di bidang studi museologi  

Syarat pegawai museum
  •  My.J tidak menemukan informasi mengenai syarat pegawai museum. Tetapi...
  • My.J rasa untuk menjadi seorang pegawai museum kita harus memiliki skill ataupun ilmu di bidangnya.
  • Maaf sekali My.J kurang tahu apa untuk menjadi seorang pegawai museum harus memilki lisensi atau tidak tapi kemungkinan besar tidak .
Rata-rata Gaji pegawai Musium 2,56 jt




Daftar Pustaka


https://mirnaaulia.com/mengenal-profesi-penulis-skenario-screenwriter-scriptwriter/
https://malangtoday.net/flash/bandung/pemandu-wisata-di-bandung-digaji-puluhan-juta-rupiah/ https://www.kompasiana.com/abu_fathan/550bb1af813311c42ab1e1be/mengintip-hitunghitungan-royalti-penulis-buku