Sabtu, 21 September 2019

Bedah Materi Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi- Ekonomi ( My Journey 2/31)

    Hallo sahabat My.J bagaimana kabarnya ? Baikan . Oke , di artikel kali ini kita semua bakalan membahas bedah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi .Untuk My.J sendiri baru denger materi ini di kelas 11 SMA dan kemungkinan besar materi ini cuman dipelajari di kelas 11 dan tidak ada pengulangan sama sekali .Pada materi ini menjelaskan mengenai pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di Indonesia , walaupun tidak secara langsung .  Materi ini sama sekali ga sulit , yang diperlukan sahabat My.J cuman memahami beberapa hal saja .




1. Pertumbuhan Ekonomi

A. Pengertian dan Pengantar Pertumbuhan Ekonomi.


Pertumbuhan ekonomi adalah suatu proses dimana terjadi
 kenaikan produksi baik berupa barang maupun jasa yang diwujudkan dalam bentuk pendapatan nasional .

     Jadi apa ada dari sahabat My.J yang bingung kaitan antara kenaikan produksi , pendapatan nasional , dan pertumbuhan ekonomi ? Jadi begini , seperti materi sebelumnya yang kita pelajari ,pendapatan nasional adalah jumlah gaji atau pendapatan seluruh warga negara di suatu tempat , nah dengan adanya kenaikan produksi pasti gaji para pegawainya tuh pada naik. Dari situ kita tahu bahwa suatu negara itu mengalami pertumbuhan ekonomi  .
     Ini perlu diperhatikan lebih dalam bagi sahabat My.J , soalnya banyak yang ketuker antara Pendapatan Nasional dan pendapatan pemerintah . Jadi , Pendapatan Nasional (Pendapatan seluruh warga negara) berbeda dengan pendapatan pemerintah ( yang sumbernya bisa berupa pajak ,hasil keuntungan BUMN , dll .), awas jangan sampe ketuker kaya My.J ,hehe.
      Next ... untuk mengukur pertumbuhan ekonomi sendiri kita bisa menggunakan dua rumus yaitu dengan GDP atau GNP , Indonesia sendiri masih menggunakan GDP ya sahabat My.J , Kenapa ? Karena Indonesia merupakan negara berkembang yang pendapatannya masih banyak dipengaruhi investor asing . Oh ya , sedikit info untuk sahabat My.J bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia berada di urutan ke 3 dalam 10 negara berkembang dengan pertumbuhan ekonomi tercepat menurut Oxford Economics dengan pertumbuhan 5,1 % .

Kesimpulan :
  • Pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh kenaikan produksi.
  • Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini mencapai 5,1 % dan menduduki urutan ke-3 pertumbuhan ekonomi tercepat.
  • Pendapatan Nasional dan pendapatan Pemerintah itu berbeda.
  • Pendapatan nasional bisa diukur dengan rumus ini : 


B. Teori Pertumbuhan Ekonomi.

      Banyak ahli yang telah merumuskan teori pertumbuhan ekonomi dan diantara teori- teori itu dikelompokan menjadi 4 kelompok teori terkenal yaitu teori klasik , neo klasik , historis , dan yang terakhir adalah Kuznets. Memang teorinya cuman ada 4 , tapi semuanya bercabang ya sahabat My.J , tapi tenang aja My.J perkirakan teori ini ga bakal masuk ke ujian nasional tapi palingan masuk ke ulangan harian doang .
  1. Teori Klasik
" Teori klasik lebih menekankan kepada 
pertumbuhan penduduk dan dikaitkan dengan pertumbuhan ekonomi. "

Teori klasik itu ibarat bapaknya teori pertumbuhan ekonomi . Di Teori ini ada tiga orang ahli yang mengemukakan pendapatnya , yang pertama adalah Adam smith , yang kedua David Ricardo , dan yang ketiga adalah T.R. Maltus . Dalam teorinya ketiga ahli ini sama- sama mengaitkan pertumbuhan ekonomi dengan yang namanya pertumbuhan penduduk . Jadi pertumbuhan Ekonomi dan pertumbuhan penduduk merupakan fokus pembahasan kita sekarang sahabat My.J.


  • Adam Simth
    Menurut Adam Smith , Pertumbuhan ekonomi disebabkan oleh pertumbuhan penduduk yang tinggi.
  • David Ricardo. 
           Perlu sahabat My.J tahu bahwa teori dari David Ricardo ini merupakan teori yang mengkritisi teori dari Adam Smith . Menurut David Ricardo jika pertumbuhan penduduk tinggi maka upah akan menurun . Ada yang tahu kenapa ? Yap , Karena perusahaan- perusahaan akan dengan mudahnya menemukan tenaga kerja tanpa harus bersusah payah lagi , jadi ibaratnya itu perusahaan malah memberi gaji pada para buruh atau tenaga kerja seenak jidatnya aja. Jadi intinya  David Ricardo itu ga setuju dengan pendapat dari Adam Smith Sahabat My.J  .
  • T.R . Maltus.
    Sama seperti David Ricardo , T.R. Maltus juga tidak menyetujui pendapat Adam Smith . Dia mengatakan bahwa jika pertumbuhan penduduk naik maka jumlah pangan akan berkurang . Kok bisa ? Bisa , karena menurut Maltus pertumbuhan penduduk mengalami perkembangan 2 kali lipat dari jumlah pangan.
 Kesimpulan :
  1. Adam Smith mengaitkan pertumbuhan ekonomi dengan pertumbuhan penduduk
  2. David Ricardo berpendapat bahwa jika pertumbuhan penduduk tinggi maka upah akan turun.
  3. T.R Maltus berpendapat bahwa jika pertumbuhan penduduk lebih besar dari jumlah pangan.



2. Teori Neo Klasik

Teori Neo Klasik merupakan perkembangan dari teori sebelumnya yaitu teori Klasik.  Jadi setelah ada Teori Klasik, munculah teori- teori baru diantaranya adalah teori Neo Klasik ini. Pada Teori Neo Klasik ini ada 3 orang ahli juga yang mengemukakan pendapatnya seperti Harrod- Domar , Robert Solow, dan yang terakhir Schumpeter .
  • Harrod- Domar
Sebenarnya teori ini dikemukakan oleh dua orang yang berbeda pada waktu yang hampir sama  , yang pertama oleh Harrod dan yang kedua oleh Domar tapi karena inti dari teori ini sama maka disebutlah teori Harrod- Domar . Nah Harrod- Domar ini berpendapat bahwa pertmumbuhan ekonomi dikaitkan dengan investasi.
  • Robert Solow
Hampir sama dengan teori Harrod-Domar, kalau Robert Solow ini mengaitkan pertumbuhan ekonomi dengan yang namanya tabungan.
  • Schumpeter
Dan yang terakhir adalah Schumpeter yang mengaitkan pertumbuhan ekonomi dengan inovasi pengusaha.
3. Teori Historis.
     Seperti namanya 'Historis' teori ini lebih menjelaskan kepada pertumbuhan ekonomi yang terjadi secara bertahap .Dalam Teori historis terdapat 4 orang ahli , yang pertama adalah Friedrich List, Werner Sombart, W.W Rostow, dan yang terakhir adalah Karl Bucher. Oke langsung saja kita bahas bersama-sama sahabat My.J 
  • Friedrich List
Menurut Friedrich list pertumbuhan ekonomi memiliki tahap-tahap sebagai berikut :
  1. Berburu dan mengembara.
  2. Beternak dan Bertani.
  3. Pertanian dan kerajinan.
  4. Kerajinan, industri , dan perniagaan.
  • Werner Sombart
   
Sombart membagi pertumbuhan ekonomi berdasarkan organisasi dan juga ideologi masyarakat, yaitu:
  1. Pra kapitalis, pada tahap ini masyarakat menghasilkan barang hanya untuk kebutuhannya sendiri sahabat My.J
  2. Kapitalis Madya, pada tahap ini masyarakat sudah memikirkan tentang keuntungan , karena itu masyarakat sudah menghasilkan barang dan jasa untuk orang lain terlehib lagi mereka sudah mengenal yang namanya alat tukar.
  3. Kapitalis Raya, pada tahap ini munculah para kaum pemilik modal yang disebut kamu kapitalis dan juga kaum buruh . Kegiatan produksinyapun dilakukan secara besar-besaran.
  4. Kapitalis Akhir, pada tahap ini muncul kaum sosialis yang mementingkan kesejahtraan bersama dan sudah ada campur tangan pemerintah dalam perekonomian.
  • W.W. Rostow.
  

Rostow membagiahap pertumbuhan ekonomi kedalam 5 tahapan yaitu :
  1. Tradisional,pada tahap ini kehidupan ekonomi masih sangat sederhana pada sektor pertanian dan juga belum mengenal teknologi.
  2. Transisi, pada tahap ini masyarakat sudah mengenal teknologi kemudian beralih dari sektor pertanian ke sektor industri.
  3. Tinggal landas, pada tahap ini perekonomian ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang cepat .
  4. menuju kematangan, pada tahap ini perekonomian masyarakat terus maju serta pendapatan perkapita masyarakat terus meningkat.
  5. Konsumsi Tinggi, pada tahap ini tenaga kerja didominasi oleh tenaga kerja terdidik di perkotaan dari pada tenaga kerja tidak didik di pedesaan.
  • Karl Bucher.
   


Karl Bucher merumuskan pertumbuhan ekonomi di suatu negara berdasarkan hubungan antara produsen dan konsumen Pertumbuhan ekonomi ini dibagi kedalam 4 tahap yaitu :
  1. Rumah tangga tertutup, pada tahap ini masyarakat melakukan produksi hanya untuk kebutuhan kelompoknya saja.
  2. Rumah tangga kota, pada tahap ini masyarakat melakukan pertukaran antar kelompok yang disebut perdagangan.
  3. Rumah tangga bangsa, pada tahap ini perdagangan yang terjadi di suatu kota sudah  tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan penduduknya sehingga mengakibatkan perdagangan antar kota.
  4. Rumah tangga Dunia , pada tahap ini pertukaran atau perdagangan sudah melewati batas- batas negara .

4. Teori Kuznets ( Teori Pertumbuhan Ekonomi Modern)


Yap , akhirnya kita sampai di teori terakhir . Dalam teori ini ga banyak-banyak kok yang harus dipahami , sahabat My.J cuman harus paham beberapa hal . Apa aja ? Ini dia jawabannya ... Teori ini mengungkapkan bahwa pertumbuhan ekonomi disebabkan oleh peningkatan persediaan , perkembangan teknologi, dan yang terakhir adalah teknologi yang efektif dan efisien.



2. Pembangunan Ekonomi.



Pembangunan Ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi disertai dengan perubahan corak 
atau struktur ekonomi.

Tidak jauh berbeda dengan pertumbuhan ekonomi , pembangunan ekonomi juga merupakan proses kenaikan Pendapatan nasional hanya saja dengan di sertanyai perubahan straktur ekonomi . Jadi , apasih perubahan struktur ekonomi itu ? Perubahan struktur ekonomi itu seperti perubahan sumber utama pendapatan di suatu warga negara , contohnya adalah dari pertanian ke sektor industri. Intinya adalah seberapa banyak masyarakat bekerja pada pada suatu sektor dan dalam jangka waktu tertentu mengalami perubahan. Itu namanya Pembangunan ekonomi . 

No
Pertumbuhan Ekonomi
Pembangunan Ekonomi
1
Adanya kenaikan GDP
Tidak hanya kenaikan GDP
2
Tidak melihat jumlah penduduk
Melihat jumlah penduduk
3
Tidak memperhatikan perkembangan IPTEK
Memperthatikan perkembangan IPTEK
4
Struktur ekonomi tidak berubah
Struktur ekonomi berubah
5
Tidak memperhatikan pemerataan pendapatan atau pendapatan perkapita.
Memperhatikan pemerataan penduduk dan pendapatan perkapita
 


Segala sesuatu pasti panya tujuan kan sahabat My.J nah dalam pembangunan ekonomi ini terdapat beberapa tujuan yang ditekankan dan ini masih berhubungan dengan perbedaan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dalam tabel yaitu :


  1. Perbaikan kualitas hidup masyarakat .
  2. Memperluas kesempatan kerja.
  3. Memperbaiki kualitas pendidikan.
  4. Memeratakan penduduk .
  5. Meningkatkan pendapatan masyarakat.
  6. Memperluas pilihan- pilihan ekonomi .
 Setelah tadi membahas tujuan pembangunan ekonomi , sekarang kita bakal membahas faktor - faktor apa saja yang mempengaruhi pembangunan ekonomi , jadi suatu pembangunan ekonomi bisa dikatakan baik ataupun buruk bisa dipengaruhi oleh beberapa hal ini :

Faktor - faktor pembangunan ekonomi :
  1. SDA ( Sumber Daya Alam), SDA itu ibarat modalnya dalam pembangunan ekonomi My.J . Tapi bukan satu-satunya hal yang menjadikan SDA sebagai indikator final dalam pembangunan ekonomi buktinya banyak negara-negara eropa yang SDAnya biasa-biasa aja atau bahkan bisa dikatakan miskin SDA tetapi mereka bisa menjadi negara maju . SDA bisa menjadi hal yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi jika dikelola dengan baik .
  2. SDM (Sumber Daya Manusia) , seperti yang My.J bahas tadi dan pasti semua orang tahu ya sahabat My.J kalau SDA aja ga cukup untuk pembanguan ekonomi diperlukan orang-orang yang berkualitas dalam mengendalikan pembangunan ekonomi ini . Ga usah jauh-jauh lihat saja Indonesia yang SDA melimpah tetapi kurannya SDM yang berkualitas , ujung-ujungnyakan malah jadi dikelola oleh pihak asing dan masih banyak yang belum dikelola . 
  3. IPTEK , dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini pasti membantu semua orang sahabat My.J , kalau dulu kita cari informasi saja harus cari-cari buku di perpustakaan sekarang kita hanya tinggal mengetik di google , dan kalau dulu kita memproduksi barang beberapa saja perhari kalau sekarang bisa beratus-ratus bahkan beribu-ribu semua itu berkat batuan teknologi.
  4. Sistem Pemerintahan , sistem pemerintahan pastinya akan membawa pengaruh pada proses pembangunan ekonomi baik sistem sosialis ataupun liberalis .Saat ini Indonesia menganut sistem ekonomi kerakyatan.

Pengertian ,Tujuan , Faktor , sudah dibahas . Nah sekarang waktunya kita membahas tentang masalah-maslah apa aja sih yang dihadapi negara berkembang dan terlebih lagi Indonesia dalam pembangunan ekonomi ini . Mari kita bahas bersama-sama :
  • Ketergantungan pada sektor pertanian . 
  • Rendahnya produktivitas.
  • Ketergantungan kepada negara maju.
  • Pengangguran.
  • Kemiskinan.
  • Rendahnya kualitas hidup .
  • Tingginya tingkat pertumbuhan penduduk ( Ingat Teori Klasik Sahabat My.J).

Kalau ada masalah pasti ada penanggulanganny, Nah ini dia kebijakan dan strategi pembangunan ekonomi :

  • Meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Membuat dan merencanakan perencanaan pembangunan.
  • Meningkatkan tabungan dan investasi.
  • Menyediakan sarana dan prasarana .