Sabtu, 14 September 2019

Bedah Materi PAI Al Maidah ayat 48 , An Nisa ayat 59 , dan At Taubah ayat 105

 Q.S Al Midah ayat 48 , An Nisa ayat 59 ,
 dan At Taubah ayat 105.

Hallo sahabat My.J , gimana nih kabarnya. Untuk bedah materi kali ini kita bakal membahas materi PAI Q.S Al Maidah ayat 48 , An Nisa ayat 59 , dan At Taubah ayat 105 . Dalam materi kelas 11 terdapat pembahasan mengenai surat Al Maidah ayat 48 , surat An Nissa ayat 59 , dan surat At Taubah ayat 105 . Kali ini My.J akan membahas ketiga surat ini mulai dari kandungan , asbabul nuzul  , dan beberapa hal lain. Oke kita mulai saja .


Q.S Al-Maidah ayat 48



      Surat Al - Maidah ayat 49 adalah salah satu surat yang menerangkan tentang al Quran ,aturan , dan juga kebaikan .  Untuk lebih jauh tidak banyak yang My.J ketahui hanya saja arti dari surat ini adalah hidangan , terdapat 120 ayat , dan di turunkan di Madaniyah (Madinah).
   Surat Al-Maidah ini memiliki arti hidangan karena merujuk kepada umat nabi Isa yang meminta diturunkannya hidangan dari langit . Perlu sahabat My.J tahu bahwa surat Al - Maidah itu  sendiri mempunyai beberapa nama lain seperti  Al-Uqud (perjanjian) dan Al-munqiz (menyelamatkan ).
    Oke yang pertama adalah, dari sekian banyak ayat dalam Al-Quran kenapa ketiga ayat ini dipilih untuk menjadi materi kelas 11 SMA ? Ada yang tahu jawabannya ?  Oke mari kita bahas pelan- pelan .

Asbabun Nuzul

     Kadang untuk mengetahui makna dari sebuah ayat , kita harus mengetahui latar belakang dari diturunkannya surat itu, makanya My.J mau membahas Asbabun Nuzulnya dulu . Nah, latar belakang dari surat Al Maidah ayat 48 ini adalah sebuah peristiwa dimana umat nabi Muhammad ingin menentang aturan yang sudah jelas tertera dalam Al-Quran . Jadi singkat ceritanya , dahulu ada sepasang muda - mudi yang ketahuan melakukan zina oleh masyarakat sekitar . Masyarakat itu berniat melaporkan peristiwa ini kepada Rasullulah dengan mengharapkan pemberian hukuman yang ringan dan bukan hukuman yang berat . Saat mereka datang dan menceritakan semua peristiwa itu kepada Rasullulah , tentu saja Rasullulah tidak langsung menjawabnya melainkan mencari tahu terlebih dahulu dalam AL -Quran . Tetapi aturan yang tertulis dalam Al Quran adalah hukuman rajam dan ... merekapun tidak setuju lalu turunlah ayat ini.

Kandungan
      Dalam surat Al - Maidah ayat 48 ini sendiri pasti Allah menyisipkan makna terdalam mengenai suatu hal, hanya saja kita yang tidak tahu.  Dari yang My.J lihat surat ini menerangkan tentang
  • Al -Quran sebagai jalan keluar dari setiap masalah yang ada .
  • Taat pada Aturan.
  • Berlomba- lomba dalam kebaikan. 
   Seperti yang kita tahu bahwa , semakin hari kita semakin dewasa dan mempunyai beban yang lebih besar dari sebelumnya . My.J juga merasakannya kadang ada rasa lelah dan juga ingin menyerah saja . Tapi dalam surat ini terdapat solusi dari setiap masalah dan seperti latar belakang di turunkannya surat ini, terlulis " Dan putuskanlah perkara mereka menurut apa yang Allah terangkan dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu mereka ." Potongan ayat ini merujuk kepada nabi Muhammad yang dihadapkan dengan umatnya yang ingin menentang aturan.
    Potongan ayat ini mengingatkan My.J untuk menghadapi setiap masalah dengan Al -Quran . Seperti sebuah penyejuk ayat ini disisipkan dalam penjelasan kelas 11 . Banyak hal yang dapat dijadikan contoh , untuk kasus seorang remaja diantaranya seperti kesalah pahaman yang berujung pembullyan teman .

Banyak Hikmah yang kita dapatkan dari mengamalkan ayat ini seperti :
  • Punya sedikit musuh.
  • Hati menjadi tenang.
  • Lebih dekat dengan Allah.
  • Dimudahkan untuk masuk surganya Allah.


Q.S An Nissa ayat 59 .



      Pasti nama surat ini sudah tidak asing lagi bagi sahabat My.J  . Q.S An Nissa memiliki arti perempuan karena dalam surat ini banyak membahas tentang perempuan . Surat An Nissa terdiri dari 176 ayat dan merupakan surat ke-4 dalam Al-Quran surat ini diturunkan di Madaniyah ( Madinah) . Dalam surat ini terdapat surat ke 59 yang menjelaskan tentang tiga tingkatan taat .
      Dalam surat ini dijelaskan tentang tiga tingkatan taat , yaitu taat kepada Allah , Rasulnya , dan juga Ulil Amri . Hal ini dapat dilihat dari kalimat " Taatilah Allah dan taatilah rasulnya , dan ulil amri diantara kamu " . Hampir sama dengan Q.S Al Maidah ayat 48, Q.S An Nissa ayat 59 juga menjelaskan tentang berpegang teguh kepada Al Quran , hanya saja lebih kepada perbedaan pendapat.

Asbabun Nuzul

     Nah, asbabun nuzul Quran surat An Nisa ayat 59 ialah ketika terdapat perdebatan antara seorang Yahudi dengan seorang munafik. Kaab bin Asyraf diminta Si munafik untuk bersedia menjadi hakim di antara mereka sedangkan Yahudi meminta kepada Nabi saw. Nabi saw. yang memberikan penjelasan kepada orang Yahudi. Karena tidak terima atas penjelasan Nabi Muhammad maka si munafik berkunjung kepada Umar,  Umar pun bertanya pada si munafik, apakah benar yang ia katakan tersebut.Si munafik menjawab iya. Dan Umar pun membunuhnya. 
 
     Pasti sebagian dari kita sadar bahwa begitu banyak hal yang salah yang kita lakukan . Dalam surat ini, semua umat muslim diperintahkan untuk taat , ya taat pada Allah , Rasulnya , dan ulil Amri. Tapi apa My.J dan sahabat My.J sudah melakukannya ? Untuk menjawab pertanyaan ini My.J kasih daftar khusus untuk kita semua. My.J bakal kasih daftar dosa yang sering kita lakuin khususnya untuk pelajar .

Allah.
  •  Sholat masih bolong-bolong, kalau problem ini sih masih banyak banget ya ditemui bagi para remaja- remaja bahkan orang dewasa . Sahabat My.J pasti tahukan kalau sholat itu suatu kewajiban dan kunci surga.
  • Suka batal diem- diem saat puasa Ramadhan. Hayoo , siapa nih yang suka batal diem-diem saat puasa ? atau ga puasa sama sekali ? tapi kayanya kalau udah SMA apalagi kelas 11 jarang ya yang ngelakuin dan kalau masih ada yang ngelakuin My.J saranin kurang - kurangin deh karena puasa itu punya banyak manfaat .
  • Suka menunda- nunda sholat, nah banyak orang yang ga sadar kalau menunda-nunda sholat itu ga baik dan My.J harap kita bisa menghapuskan kebiasaan buruk ini.
  • Jarang - mengganti puasa yang bolong , Hemm... iya, udah puasanya bolong - bolong ga diganti lagi dan ini paling banyak terjadi pada anak perempuan yang sudah balig nih sahabat My.J .Pasti sudah balig semuakan , kan udah kelas 11 .  Alasannya macem - macem seperti lupa , males , ataupun ga sempet . Apapun alasannya yang penting itu niat dulu aja .
 Rasul
  • Males-malesan sholat Tarawih , sholat idul adha , ataupun idul fitri.
  • Tidak mengikuti adab- adab yang diajarkan oleh Nabi .Contohnya ga baca doa saat makan , minum sambil berdiri , dll.
  • Males ngaji , dan terlebih lagi sholawat.
Kepada Ulil Amri ( Pemimpin) .
      Ulil amri disini bisa merujuk kepada pemimpin , subuah lembaga , ataupun sesuatu yang mengatur kita untuk urusan dunia ataupun akhirat ya sahabat My.J . Tapi khusus yang ini My.J hanya akan membahas ketidaktaatan di sekolah karena materi ini di tunjukan kepada kelas 11 ,hehe.
  • Ngebocorin soal ulangan harian. Apa ada yang melakukan ini ? My.J sadar bahwa perilaku ini adalah bentuk ketidak jujuran dan harus segera di hentikan dan untuk sahabat My.J yang masih melakukannya sebaiknya segera dihentikan karena kesuksesan akan terasa hambar jika didapatkan dengan cara curang.
  • Melihat bocoran soal ulangan . Kalau yang ini sih pasangannya point yang pertama dan pesannya masih sama :)
  • Buat PR di sekolah. Yang ini sudah dianggap hal yang biasa banget ya , kecuali kalau SD sih biasanya saling ngadu tapi kalau SMA kekompakannya udah naik beratus- ratus persen dan ini bukan hal yang baik.
  • Males banget buat mikir ( Mencontek).
  • Tidak melakukan yang terbaik.
  • Cuman jadi beban negara .
Ayat ini seakan- akan memberikan tamparan pada My.J dan mungkin bagi beberapa sahabat My.J juga  , membuat My.J berpikir bahwa semua ini bukanlah hal yang baik bahkan terkesan sudah menjadi hal yang biasa .

Q.S At Taubah ayat 105


   
  Surat At Taubah ini memiliki arti pengampunan surat ini turun di  Madaniyah dengan jumlah 126 . Surat ini memiliki nama lain yaitu Bara'ah karena banyak dari surat ini yang membahas pernyataan perjanjian damai dengan kaum musyrikin.  Terdapat ayat ke 105 yang menjelaskan tentang etos kerja seorang muslim atau bisa juga diartikan sebagai semangat kerja seorang muslim dari ia bangun tidur hingga ia tidur lagi.
   Seperti temanya surat ini menjelaskan tentang semangat kerja. Mungkin karena materi ini ditempatkan di kelas 11 dan dipersiapkan untuk terjun ke masyarakat. Ayat ke 105 ini memberikan motivasi bagi kita semua untuk memiliki semangat dalam bekerja .  Terdapat hal menarik dalam surat ini yang mungkin terlewatkan bagi sahabat My.J yaitu pada kata amalakum  atau jika diartikan pekerjaanmu atau usahamu . Dari kata ini kita dapat mengetahui bahwa Allah menilai seseorang bukan dari hasil yang ia peroleh melainkan dari seberapa keras usaha yang dilakukan.
  

Kandungan 
  • Lebih menekankan kepada etos kerja muslim.
  • Orang beriman dilarang bersikap malas dan membuang-buang waktu.
  • Allah Maha Mengetahui seluruh perbuatan manusia baik yang tersembunyi maupun yang yang terang-terangan tertulis dalam kalimat " ... dan kamu akan dikembalikan kepada Allah yang yang mengetahui akan yang gaib dan yang nyata ..." .
  • Setiap manusia akan kembali kepada Allah dan mempertanggungjawabkan setiap amalnya.


     Bagaimana penjelasnnya , apakah sahabat My.J sudah mengerti ? Atau ada hal lain yang ingin sahabat My.J sampaikan , tolong ditulis di kolom komentar ya . Dan ya My.J yakin pemerintah pasti punya alasan tersendiri untuk memasukan materi ini kedalam materi kelas 11, tetapi yang pasti My.J yakin bahwa ketiga surat ini istimewa.
       
Rangkuman Materi- materi SMA

Contoh dari versi pdf



*Tersedia versi berwarna dan hitam putih yang dapat di download dan di print untuk bahan belajar.