Jumat, 04 Oktober 2019

Bedah Materi Persebaran Flora dan Fauna - My Journey



Persebaran Flora dan Fauna

Hallo sahabat My.J bagaimana kabarnya? Pasti baik kan . Nah di update kali ini My.J bakal membedah Persebaran flora dan flora, topik ini dipelajari di kelas 11 SMA .  Kali ini benar - benar spesial karena untuk pertama kalinya My.J bakal membedah materi geografi Hehe.  Materi ini kemungkinan bakal masuk ke dalam UN dan juga USBN.  Jadi ayo kita bahas sama-sama.

M y  J o u r n e y . . .

    Jadi setelah My.J cari tahu materi persebaran flora dan fauna ini ada pada jenjang SMP di kelas 7 dan 8  dan untuk jenjang SD  berada di kelas 6 untuk kurikulum 2013 .Seperti biasa kita akan menjadikan materi SMA ini sebagai patokan agar mempermudah pemahamannya . Saat sahabat My.J masuk kedalam topik ini sahabat My.J akan tahu bahwa topik persebaran flora dan fauna dibagi menjadi lima subbab . Yang pertama akan dibahas mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna, di subbab ini kita hanya akan membahas mengenai faktor biotik dan faktor abiotik. Yang kedua adalah karakteristik bioma dunia , di subbab yang kedua ini sahabat My.J harus mengetahui dan memahami bioma dunia yang berjumlah 7 kategori. Yang ketiga adalah persebaran fauna di dunia, di subbab ini sahabat My.J akan mempelajari tentang persebaran fauna yang ada di dunia .  Selanjutnya adalah persebaran flora dan fauna di Indonesia.  Oke karena sudah membahas tentang persebaran flora dan fauna kalian juga akan membahas Konservasi flora dan fauna.

Langsung saja kita bahas langsung bedah materinya sama-sama

1. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna
     
    Persebaran flora dan fauna dibagi menjadi dua yaitu faktor biotik ( Bio = hidup ) dan juga faktor abiotik. 


Faktor Biotik



      Manusia , hewan dan tumbuhan merupakan hal yang menjadi pembahasan kita saat ini sahabat My.J  . Seperti namanya faktor biotik ini merupakan faktor yang disebabkan oleh makhluk hidup dan manusia merupakan salah satu pendorong persebaran flora dan fauna di dunia . Sebelum lanjut ke pembahasan My.J mau tanya apa sahabat My.J pernah melihat Kudanil di Indonesia yang seharusnya ada di Afrika ? atau sahabat My.J pernah melihat panda di Taman Safari Indonesia yang seharusnya ada di China ? Kalau iya , itu merupakan bagian dari diplomasi atau bentuk kerja sama antar negara yang biasanya bertujuan untuk melestarikan atau mengkonservasi satwa yang ada di dunia. Nah inilah salah satu yang dilakukan manusia dalam menyebaran flora dan fauna di dunia .
      Sama seperti saat kim Il Sung , seorang revolusioner Korea Utara yang berkunjung ke Indonesia untuk memperingati konfersi Asia - Afrika pada tanggal 13 April 1965 . Saat itu Presiden Seokarno memberikan hadiah yang manis yaitu sebuah bunga Dendrobium Clara Bundt, sebuah anggrek jenis baru hasil eksperimen persilangan C.L. Bundt, botanis keturunan Jerman yang memiliki laboratorium penyilangan bunga di Makassar .  Saat ini bunga Dendrobium Clara Bundt lebih dikenal dengan nama Kimilsungia dan sangat populer di Korea Utara,  terlebih lagi menjadi simbol citra fanatik orang -orang korea utara terhadap pemimpin besarnya. Tehnik budidaya Kimilsungia Korea Utara pun sudah jauh lebih canggih daripada Indonesia. Dari sini kita bisa melihat bahwa penyebaran flora dan fauna di manfaatkan oleh manusia atau lebih tepatnya negara untuk mengkonservasi dan juga untuk memperkenalkan puspa dan satwa kepada dunia. 

  
  
    Yang kedua adalah faktor tumbuhan , kalau kita lihat tumbuhan ini merupakan  produsen dalam rantai makanan . Ketika jumlah tumbuhan habis dimakan kerena populasi hewan yang meningkat maka hewan - hewan ini akan mencari sumber makanan di tempat lain dengan cara bermigrasi . Apa sahabat My.J pernah dengar dengan yang namanya Wildebeests? Yap Wildebeests ini adalah contoh kecil hewan yang sering bermigrasi setiap tahunnya . Hewan ini dapat melakukan apa saja demi mendapatkan padang rumput yang lebih hijau . Mereka bisa berkelana sampai ratusan kilometer jauhnya untuk menghindari musim kering yang terjadi di Tanzania dan Kenya. Nah itu dia hubungan antara tumbuhan dengan persebaran fauna .


    Yang ketiga adalah karena faktor hewan itu sendiri . Kok bisa ? Bisa , jadi jika hewan-hewan mengalami tekanan populasi atau populasi hewan tersebut semakin banyak maka otomatis akan berebut tempat tinggal ataupun makanan sehingga terpaksa hewan lain berpindah untuk mencari tempat yang lain .  Selain itu ada juga karena predator ,  misalkan ada sekawanan kerbau yang hidup pada suatu tempat lalu datang singa , si kerbau jadi terganggu dong ,takut dimakan . Akhirnya kerbau tersebut pindah ke tempat yang lain . Nah itu dia persebaran flora dan fauna yang diakibatkan oleh faktor biotik.

Kesimpulan :

Faktor Boitik - Manusia ( Panda - Taman Safari Indonesia) - Tumbuhan ( Karena persediaan tumbuhan habis) - Hewan ( Tekanan Populasi dan predator)


Faktor Abiotik.( Benda Mati)

    Faktor abiotok adalah faktor yang berasal dari luar makhluk hidup ataupun benda mati.  


  • Faktor iklim /klimatik yang dipengaruhi oleh suhu udara ataupun curah hujan. Sahabat My.J tahukan kalau iklim ini merupakan rata-rata  kondisi cuaca pada suatu tempat yang cukup luas dan dalam jangka waktu yang lama. Semua flora dan fauna menempati tempat yang sesuai dengan dirinya , kita ambil contoh mudahnya peguin yang berada di kutub yang tahan dengan udara yang benar-benar dingin . Kenapa ? karena penguin memiliki bulu yang tebal, padat , rapat dan kedap , air selain itu postur tubuhnyapun membantu penguin dalam berenang untuk mencari makanannya . Menurut My.J gimana kalau penguin yang tinggal di kutub kita pindahin aja ke gurun ? Ya janganlah , entar penguinnya bisa dehidrasi sama kelaperan hehe.  
  • Faktor yang kedua adalah faktor endafik / tanah.
  • Faktor terakhir adalah topologi atau ketinggian tempat. 


Karakteristik Bioma Dunia


Lanjut sekarang kita bakal membahas tentang bioma yang ada di dunia. Di kelas 11 ini kita bakal diajak untuk mengenal bioma yang ada di dunia.  Sebelum ini My.J mau ajak sahabat My.J semua untuk mengetahui apa itu bioma.  Bioma itu dapat kita artikan sebagai sekelompok tumbuhan di suatu tempat.  Bioma yang ada di dunia ini di kelompokan menjadi 7 kelompok ya sahabat My.J . Kuy kita kelompokin.


  1.  TROPIS  Indonesia berada Pada iklim yang tropis. Pas banget iklim tropis ini bakal kita bahas pertama dan pasti bakal mudah mengambil contohnya.  Kalau sahabat My.J amati hutan-hutan kita ini punya ciri khas pertama adalah pohon-pohon tumbuh dengan lebat, subur , dan dalam satu hutannya itu punya banyak sekali jenis pohona tau heterogen,  selain itu kanopinya pun lebar-lebar sehingga cahaya matahari sulit menembus dasar hutan yang menyebabkan hutan menjadi lembab.  Gimana mudahkan ingetinnya? 
  2. Yang kedua adalah SABANA ,  sabana hampir mirip dengan stepa yang merupakan hamparan rumput tapi ada yang membedakannya yaitu sabana merupkan padang rumput namun masih diselingi oleh pohon-pohon yang tumbuh agak jarang dan menyebar.  Tumbuhan yang hidup di sabana ini contohnya seperti akasia.
  3. Yang ketiga adalah STEPA,  seperti yang My.J bahas sebelumnya, stepa ini merupakan hamparan rumput.  Sahabat My.J pasti pernah liatkan di filem-filem dimana pemeran utamanya tidur-tiduran di rumput atau lari-larian gitu.  Nah itu dia yang namanya stepa sahabat My.J . Jadi isinya itu cuman rumput-rumput doang dan info untuk sahabat My.J semua kalau stepa ini berada di iklim sedang yang berarti cuman ada di wilayah yang punya 4 musim. 
  4. GURUN, kita lanjut ke iklim yang lebih kering lagi yaitu gurun.  Di gurun ini hampir ga ada sama sekali tumbuhan sahabat My.J bahkan di gurun ini curah hujannya kurang dari 250 mm /tahun . Tanaman yang mampu hidup cuman kaktus aja sahabat My.J .
  5. HUTAN GUGUR , sama seperti stepa tadi hutan gugur ini juga berada di tempat yang mempunyai empat musim,  ingetin aja musim gugur yang ada di negara yang punya empat musim . Oh iya tumbuhan yang ada di tempat ini juga merupakan tumbuhan sejenis artinya dalam satu tempat itu cuman ada tumbuhan itu aja ga ada tuh yang namanya pohon-pohon lain . contoh mudahnya aja di Jepang yang terkenal dengan pohon sakuranya , saat berada di jepang pasti sahabat My.J bakal melihat pohon-pohon sakura hidup berjejer di pinggir jalan . Hanya ada pohon sakura tidak dengan pohon lainnya .
  6. TAIGA , apa ada yang pernah dengar dengan taiga ini ? Taiga ini punya ciri khas yang unik yang tidak dimiliki oleh hutan-hutan lain yang ada di dunia yaitu mempunyai bentuk pohon seperti jarum . Seperti elder ,ataupun birch .
  7. TUNDRA , yang terakhir adalah tudra . Tudra ini adalah sebuah tempat yang hanya di penuhi oleh lumut-lumut saja . Oleh karena itu Tudra disebut juga sebagai padang lumut . 



Sebaran Flora dan Fauna


        
   
  Tadi kita sudah membahas tentang persebaran flora , kuy sekarang kita lanjut membahas tentang fauna yang ada di dunia . Peresebaran flora ini cuman di kelompokan menjadi enam kelompok .
Neartik , neartik ini dihuni oleh hewan-hewan seperti Bison , Kalkun , ataupun Caribau. Tadi My.J sebutin kalkun ada yang sadar kalkun itu sering kedengeran dari negara mana ? Yap dari Amerika utara, coba sahabat My.J serch aja soal Thanksgiving Day pasti ketemu deh sama hewan yang namanya kalkun ini . Tapi kalau sahabat My.J males nyarinya yaudah gapapa My.J langsung kasih tahu aja  , jadi di Amerika Serikat terdapat tradisi menikmati makan malam yang namanya itu Thanksgiving bersama keluarga, teman, dan kerabat. Kalkun ini merupakan hidangan utama, sehingga Thanksgiving juga dikenal sebagai "Hari Kalkun". Sewaktu menikmati makanan Thanksgiving, orang biasanya saling bercerita mengenai hal-hal baik yang telah mereka alami.   Nah jadi kita sudah tahu sedikit bahwa neartik itu dari Amerika Utara , Green land , dan juga meksiko.  Lah tadi bilangnya dari Amerika Serikat kok sekarang malah jadi Amerika Utara ? Jadi begini , Amerika Serikat ini adalah gabungan dari beberapa negara bagian , kan namanya juga serikat hehe. 
 Yang kedua adalah NEOTRIPIK . Seperti namaya neo yang berarti baru wilayah Neotropik ini cuman di Amerika selatan saja . Biar lebih mudah My.J kasih kata kunci yaitu sungai amazon . Nah hewan-hewan yang ada di sungai Amazon ini contohnya aja ikan piranha , anacona, kukang, tringgiling dan juga kelelawar penghisap darah . Mudah diingat kan , hehe.

PALEARTIK , pada wilayah ini ada beberapa hewan yang benar-benar menjadi ciri khas yaitu panda, beruang kutub , nah wilayah ini terbentang dari Eurasia ( Eropa dan Asia) - Jepang .  Tadi My.J bilang kalau ada panda kan yang berarti wilayah paleartik ini melewati China sahabat My.J 
ORIENTAL , di wilayah oriental ini yang paling My.J seneng soalnya sahabat My.j ga perlu menghafal sama sekali cuman harus tahu aja . Di wilayah oriental ini semua hewan-hewannya yang pasti anak-anak SD juga tahu .contohnya adalah gajah , badak, kera , harimau ataupun elang jawa . Soalnya diwilayah ini persebarannya mulai dari dari Asia selatan-Asia Tenggara. Dan ya Indonesia ini termasuk Asia Tenggara sahabat My.J  .
ETHIOPIA , seperti namanya Ethiopia yang berarti Afrika wilayahnya cuman ada di Afrika sahabat My.J  . Kalau sahabat My.J lihat filem The Lion King yang memang latar tempatnya di Afrika sahabat My.J bakal melihat Zebra , Jerapah , gajah Afrika yang memang hanya ada di Afrika saja sahabat My.J
AUSTRALIS , di wilayah Australis ini ada hewan yang memang menjadi ciri khas yaitu Kangguru , burung cendrawasih , kakaktua , ataupun Burung kiwi .  Wilayah Australis ini ada di Australia , selandia baru , Papua , dan Maluku.


Sebaran Flora dan Fauna di Indonesia


    Yayy akhirnya kita masuk ke topik persebaran flora dan fauna di Indonesia . Sebenarnya topik ini sudah sering banget dibahas di SD maupun SMP , jadi sahabat My.J pasti ga bakal asing lagi . Sahabat My.J pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya garis Wallace dan juga garis Weber kan ? atau masih ada yang belum tahu ?  jadi garis ini adalah garis pemisah antara flora dan fauna di Indonesia . Nih My.J kasih gambarnya buat kalian semua 


 Oke jadi di topik ini kita bakal membahas tentang persebaran flora terlebih dahulu setelah itu baru fauna .

Flora
    Di Indonesia persebaran flora terbagi menjadi 3 yaitu Flora Indonesia Bagian Barat disebut juga dengan flora jenis Asiatis karena flora dan fauna yang ada di daerah ini mirip dengan yang ada di Benua Asia . Flora Indonesia bagian Barait ini memiliki jenis hutan hujan tropis , Flora Indonesia Bagian Tengah disebut sebagai tipe Peralihan karena memiliki flora dan fauna yang memang khas Indonesia tidak mirip dengan benua apapun . Flora Indonesia bagian Barat ini memiliki jenis hutan musim tropis , dan terakhir adalah  Flora Indonesia Bagian Timur , disebut juga dengan tipe flora dan fauna Australis , sahabat My.J pasti tahu kenapakan ... Yap karena flora dan fauna ini mirip dengan flora dan fauna yang ada di benua Australia. Flora Indonesia bagian tengah ini memiliki jenis hutan sabana tropis .  Kalau dilihat-lihat walaupun agak berbeda tapi masih ada tropis-tropisnya ya , soalnya iklim kitakan tropis.
  • Hutan Hujan Tropis
Hutan hujan tropis ini berada di Indonesia bagian barat sahabat My.J tepatnya ada di Sumatra, Jawa , dan Kalimantan. Kalau menurut iklim koppen disimbolkan dengan Af . Sama seperti yang kita pelajari tadi di awal-awal , ciri khas dari hutan hujan tropis ini adalah pohonnya tumbuh dengan lebat sehingga cahaya matahari sulit menembus dasar hutan dan ini bisa menyebakan kondisi hutan menjadi lembab , jenis pohon - pohonnyapun bervariasi (Heterogen) .

  • Hutan Musim tropis
Berbeda dengan hutan hujan tropis ,hutan musim ini mempunyai jenis tumbuhan yang relatif sama (Homogen) . Dinamakan hutan musim tropis karena hutan ini ada di iklim tropis dan juga mengikuti musim . Kondisi di dalam hutan pun tidak lembab karena matahari bisa menembus dasar hutan hal ini disebakan oleh kondisi pohon-pohon yang tumbuh secara menyebar . Perlu sahabat My.J tahu bahwa semakin ke timur kondisi pohon di hutannya semakin jarang.
  • Sabana Tropis
Saban Tropis ini berada di Indonesia bagian timur yang curah hujannya rendah yaitu kurang dari 1000 mm/tahun  . Sama seperti namanya sabana yang berarti di daerah ini hanya  hamparan rumput yang di selingi oleh pohon-pohon.

 Sahabat My.J ada yang bertanya-tanya ga sih kenapa hutan di Indonesia itu beda-beda , ada hutan hujan tropis , ada hutan musim tropis dan terakhir sabana tropis . Nah My.J punya jawabanya nih , Indonesia itukan setiap setengah tahun dilewati dengan angin muson yang membawa uap air tapi masalahnya tidak semua daerah mendapatkan curah hujan yang melimpah . Di Indonesia sendiri semakin ketimur curah hujannya semakin rendah dan yap kalau misalnya di daerah Sumatra , Jawa , dan Kalimantan itu jenis hutannya , hutan hujan tropis ya memang wajar sahabat My.J karena curah hujan yang tinggi jadi pohon-pohonnya tumbuh dengan subur . Berbeda dengan Sabana Tropis yang punye curah hujan rendah jadi pohon-pohonnyapun tumbuh berjarang-jarang dan malah bukan hutan yang terbentuk tapi padang rumput yang diselingi pohon.




Fauna
Setelah tadi membahas soal persebaran flora sekarang kita akan membahas soal persebaran fauna yang ada di Indonesia . Sama seperi flora tadi yah sahabat My.J kali ini kita juga akan menemukan istilah Asiatis , Peralihan , dan Australis . Sebenarnya konsepnya sama aja kaya flora itu jadi My.J cuman bakalan membahas secara singkat saja ya . Jadi perhatikan tabelnya baik-baik sahabat My.J 



 Tipe Asiatis
(Sumatra, Kalimantan, Jawa)
Gajah, Badak , Harimau, Banteng , Kera , Ikan Arwana, Burung Elang
Tipe Peralihan
(Sulawesi , Bali , Nusa Tenggara)
Komodo ,  Babi Rusa , Anoa , Burung Maleho
Tipe Australis
(Papua , Maluku dan sekitarnya)
Kangguru , Cendrawasih , Kaswari , Kakatua , Walabi
 

Konservasi Flora dan Fauna 

Dan konservasi ini adalah topik terakhir yang kita bahas sahabat My.J , ya konservasi . Secara sederhana sahabat My.J pasti tahu arti dari konservasi yaitu perlindungan dan juga pelestarian . Nah dari topik konservasi ini kita cuman bakal membahas tentang jenis dan dampak dari konservasi ini saja sahabat My.J  .

Jenis Konservasi

   Di Indonesia sendiri konservasi dikelompokan menjadi dua yaitu Kawasan Suaka Alam (KSA) dan juga Kawasan Pelestarian Alam (KPA)  . Kawasan Suaka Alam ini terdiri dari Cagar Alam yang hanya berisi tumbuhan tumbuhan endemik dan Suka Marga Satwa yang berisi hewan endemik .  Endemik ini adalah tumbuhn atau hewan yang menjadi ciri khas dari daerah ini sahabat My.J  .Nah untuk Kawasan Pelestarian Alam ini sendiri terdiri atas Taman Nasional, Taman Hutan Raya , dan terakhir adalah Taman Wisata.  Sahabat My.J pernah ga sih berpikir semakin hari semakin banyak saja penebangan hutan , pemburuan hewan langka ? Dan dari semua ini apasih dampaknya ? Berikut My.J kasih tahu garis besarnya .

Dampak 
  • Terjadi perebutan kekuasaan antara hewan dan manusia. Contohnya ya soal wilayah untuk dijadikan tempat tinggal .
  • Hilangnya sumber mata pencaharian penduduk yang bergantung pada hewan dan tumbuhan.
  • Hilangnya pendapatan negara akibat punahnya tumbuhan dan hewan yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi.



Daftar Pustaka

https://www.dw.com/id/diplomasi-puspa-dan-satwa-indonesia/a-41428304

https://wawasancepat.blogspot.com/2014/10/hewan-hewan-bermigrasi.html
https://www.zonareferensi.com/persebaran-flora-dan-fauna-di-indonesia/